Rabu, 08 Juli 2015

Budaya Makanan dan Ciri Khas Kota Blitar

Pernahkah anda ke kota Blitar? Blitar terletak di selatan provinsi Jawa Timur. Blitar juga dikenal dengan julukan kota Patria atau kota PETA (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepimpinanan Suprijadi, Laskar PETA melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang menginspirasi timbulnya perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain.
Makanan khas kota Blitar yang paling terkenal itu adalah

1. Sego Pecel

 yaitu makanan nasi dengan dipadukan dengan tekstul bumbu pecel kancangnya lebih halus, juga agak berminyak, bercita rasa manis dan gurih. Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah sangrai dan cabai rawit yang dicampur dan ditumbuk dengan bahan lainnya seperti kencur, daun jeruk purut, bawang putih, asam jawa, gula merah, dan garam. Pecel sering juga dihidangkan dengan tempe goreng, rempeyek kacang, rempeyek ebi, rempeyek kedelai.




2. Peyek Uceng

yaitu sejenis krupuk yang terbuat dari ikan air tawar yang hidup disungai yang dinamakan ikan uceng.
Cara pembuatan iwak peyek ini, dengan mencampurkan tepungberas, tepung sagu, santan,  daun jeruk dan uceng. untuk terakir yaitu penggorenganyaTuang adonan di pinggir wajan dan setengah lagi ada di dalam minyak.Peyek uceng ini mempunyai rasa yang gurih dan renyah.


3. Geti

yaitu makanan sejenis permen yang terbuat dari kacang, wijen, dan gula merah. Geti ini mempunyai rasa khas yang berbeda dengan produk daerah lain genti ii juga mempunyai gizi yang tinggi. Geti biasanya disuguhkan sebagai cemilan khas Blitar pada hari rayajuga pada hajatan pernikahan.


Budaya khas kota Blitar adalah Grebek pancasila
yaitu tradisi masyarakat Jawa yang biasanya diselenggarakan sebagai upacara peringatan hari-hari besar tertentu. Masyarakat Blitar menggunakan tradisi Grebeg untuk memperingati secara khusus Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni, yaitu Grebeg Pancasila, yang menjadi satu kesatuan dalam rangkaian acara peringatan Bulan lahirnya Bung Karno –yaitu bulan bulan Juni.
selain itu Blitar juga punya tradisi kebuyaaan yaitu PSP
(purnama seruling penatan) yang diadakan setiap bulan purnama tepatnya di candi penataran. PSP sangat lah unik karna menampilkan budaya tari tarian khas indonesia dan di padukan dengan budaya luar dengan mengundang bintang tamu di luar negeri hlo..
Kota Blitar sangat terkenal dengan cerita tentang presiden Ir.Soekarno. karna presiden pertama Indonesia ini lahir dan dimakankan di blitar juga. pelancong dan penziarah dari manapun sering berkunjung ke blitar dan tidak pernah sepi. Di makam ini juga terdpat museum yang berisi foto foto jaman soekarno dulu. Jadi kalo  ke sini ga rugi deh yang suka foto foto pasti seneng sekalian belajar juga hloo..

 ttps://rudaawardana.wordpress.com/2014/07/09/ciri-khas-dan-budaya-kota-blitar/
 http://makananindonesia-top.blogspot.com/2014/09/5-makanan-khas-blitar-yang-terkenal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar